Bupati Lampung Barat Tinjau Lokasi Jembatan Rubuh

Nyokabar | Sabtu, 26 November 2016 | Dibaca: 478 | Lampung Barat

Nyokabar Lampung Barat - Bupati Lampung Barat Drs. Hi. Mukhlis Basri, M.M., Jumat (25/11) melakukan peninjauan dua unit jembatan yang rubuh akibat dampak bencana. Jembatan penghubung Pekon Semaranghaya-Sidodadi dan jembatan penghubung Pekon Gunungterang-Sinarjaya, Kecamatan Airhitam.

Dalam tinjauan itu, bupati menemui masyarakat di jembatan yang mengalami kerusakan bencana alam banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemkab akan berupaya untuk menangani dua jembatan tersebut di tahun anggaran 2017 mendatang.

"Nanti akan kita lihat di anggaran perubahan, tetapi kalau tidak memungkinkan maka akan diupayakan untuk dianggarkan pada tahun anggaran 2017 mendatang," ungkap bupati yang juga didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lambar Ir. Maidar, S.H, M.Si., Sekretaris Bappeda Ir. Agustanto Basmar, sekretaris Dinas PU Ir. Kholiq dan Camat AirHitam Drs. Bulki Basri. Sekretaris Bappeda Agustanto Basmar mengungkapkan, dua jembatan tersebut merupakan jembatan milik pemkab, sehingga penanganan akan dilakukan dengan sumber dana APBD Lambar.

"Kondisi jembatan tersebut selama ini memang masih jembatan darurat yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat, namun kondisinya rusak parah akibat terjangan banjir. Karena itu pemerintah daerah akan mengupayakan untuk dibangunnya jembatan tersebut secara permanen," ujar Agustanto.

Terpisah, kepala BPBD Lambar Maidar mengatakan, hujan deras yang melanda wilayah tersebut beberapa waktu lalu menyebabkan terjadinya pengikisan pada tiang jembatan hingga ambruk terbawa arus sungai.

"Agar tidak menghambat roda perekonomian masyarakat maka untuk sementara akan menggunakan dana kedaruratan, dengan harapan kendaraan khususnya roda dua tetap bisa melintas sehingga aktifitas masyarakat tidak terhambat," pungkasnya.*

Komentar via Facebook